Sabtu, 16 Februari 2013

Ujian SMK 2013

Berikut ini informasi singkat seputar Jadwal dan pelaksanaan Ujian Nasional (UN), Ujian Kompetensi Keahlian Praktik dan Teori Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tahun 2013. Kami sertakan juga download soal praktek dan kisi-kisi soal Uji kompetensi bagi para siswa SMK.

Persyaratan Peserta Ujian Nasional. 
Peserta dapat mengikuti Ujian Nasional(UN) SMK Tahun 2013 adalah peserta didik SMK yang telah menyelesaikan proses pembelajaran untuk mata pelajaran yang diujikan secara nasional. UN SMK 2013 dilaksanakan secara serentak namun Ujian teori dan praktek kejuruan dilaksanakan sebelum pelaksanaan UN. Peserta Uji Kompetensi Keahlian adalah yang terdaftar sebagai peserta UN SMK pada Tahun Pelajaran 2012/2013. 

Ujian kompetensi keahlian pada Sekolah Menengah Kejurunan (SMK) adalah ujian nasional yang terdiri atas ujian  teori dan ujian praktik kejuruan.  

Ujian Kompetensi Keahlian SMK:
  1. Ujian praktik kejuruan selesai dilaksanakan paling lambat tanggal 24 Maret 2013.
  2. Ujian teori kejuruan dilaksanakan secara serentak  pada tanggal 18 April 2013.
  3. Pelaksanaan ujian praktik dan ujian teori kejuruan diatur tersendiri oleh Direktorat Pembinaan SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Bagi siswa SMK program 4 tahun ujian teori dan praktik kejuruan dilaksanakan pada tahun keempat.

Khusus SMK melakukan kerjasama dengan industri mitra atau institusi pasangan dalam rangka uji kompetensi keahlian berdasarkan pedoman penyelenggaraan uji kompetensi keahlian dari Penyelenggara UN Tingkat Pusat.

Ujian kompetensi keahlian adalah ujian nasional yang terdiri atas ujian  teori dan ujian praktek kejuruan. Download Kisi-Kisi Soal Praktik Kejuruan (KSP) SMK dan download Kisi-kisi Soal Teori Kejuruan (KST) SMK.

ujian nasional, ujian praktik, ujian teori SMK tahun 2012

Jadwal Ujian SMK Tahun 2013 
  • Jadwal Ujian praktik Keahlian Kejuruan (SMK) selesai dilaksanakan paling lambat tanggal 24 Maret 2013 
  • Jadwal Ujian Nasional (UN) Utama SMK 15 April 2013–18 April 2013
  • Jadwal Ujian teori Keahlian Kejuruan dilaksanakan 18 April 2013
  • Jadwal UN Susulan SMK 22 April 2013 – 25 April 2013. 
UN Susulan adalah ujian nasional yang diselenggarakan untuk peserta didik SMK yang sakit atau berhalangan mengikuti Ujian Nasional 2013 karena alasan tertentu yang dapat diterima oleh sekolah penyelenggara dan disertai bukti yang sah. 

Kisi-Kisi Soal UN
Kisi-kisi soal UN 2013 adalah acuan dalam pengembangan dan perakitan soal Ujuan Nasonal yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar dalam Standar Isi Satuan Pendidikan. Download Kisi-Kisi Soal Ujian Nasional UN SMK, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika.

Kriteria Kelulusan
Kriteria kelulusan adalah persyaratan pencapaian minimal untuk dinyatakan lulus. Kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan ditentukan oleh satuan pendidikan berdasarkan rapat Dewan Guru dengan menggunakan kriteria sebagai berikut:
  1. Menyelesaikan seluruh program pembelajaran.
  2. Memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia, kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian, kelompok mata pelajaran estetika, dan kelompok mata pelajaran jasmani, olah raga, dan kesehatan;
  3. Lulus ujian sekolah untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi; dan  
  4. Lulus Ujian Nasional
Kelulusan Ujian Nasional 2013 SMK 
Kelulusan peserta didik dari UN ditentukan berdasarkan NA (Nilai Akhir). NA diperoleh dari gabungan Nilai Sekolah dari mata pelajaran yang diujikan secara nasional dengan Nilai UN,  dengan pembobotan 40% untuk Nilai Sekolah dari mata pelajaran yang diujikan secara nasional dan 60% untuk Nilai UN. 

Peserta didik dinyatakan lulus UN apabila nilai rata-rata dari semua Nilai Akhir(NA) mencapai paling rendah 5,5 (lima koma lima) dan nilai setiap mata pelajaran paling rendah 4,0 (empat koma nol).

NA diperoleh dari nilai gabungan antara Nilai Rata-rata  Laporan Hasil Belajar (NRLHB)  pada satuan pendidikan Program Paket B/W.usaha dari mata pelajaran yang diujikan secara nasional dan Nilai Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan, dengan pembobotan 40% untuk NRLHB  dari mata pelajaran yang diujikan secara nasional dan 60% untuk nilai UN Pendidikan Kesetaraan.
  1. Peserta didik dinyatakan lulus Ujian Sekolah SMK apabila peserta didik telah memenuhi kriteria kelulusan yang ditetapkan oleh satuan pendidikan berdasarkan perolehan Nilai  Sekolah.
  2. Nilai Sekolah sebagaimana dimaksud pada nomor 1 diperoleh dari: gabungan antara nilai Ujian Sekolah dan nilai rata-rata rapor semester 1 sampai 5 untuk SMK dengan pembobotan 60% untuk nilai Ujian Sekolah dan 40% untuk nilai rata-rata rapor.
Nilai Kompetensi Keahlian Kejuruan adalah:
  1. Gabungan antara nilai Ujian Praktik Keahlian Kejuruan dan nilai Ujian Teori Kejuruan dengan pembobotan 70% untuk nilai Ujian Praktik Keahlian Kejuruan dan 30% untuk nilai Ujian Teori Keahlian Kejuruan;  
  2. Kriteria Kelulusan Kompetensi Keahlian Kejuruan adalah minimum 6,0.
Pengumuman Kelulusan Ujian Nasional (UN) SMK tanggal 24 Mei 2013.

Semoga info seputar jadwal dan pelaksanaan Ujian Nasional (UN), Ujian Kompetensi Keahlian Praktek dan Teori SMK tahun 2013 ini bermanfaat.

Baca Juga Artikel Terkait Download Gratis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar