Sabtu, 03 November 2012

Kisi-Kisi Ujian Nasional 2013

Sesuai janji pihak kemendikbud akan merilis kisi-kisi soal Ujian Nasional (UN/unas) 2013 pada bulan November ini. Kisi-kisi UN 2013 SD, SMP, SMA sebenarnya telah dibuat sejak tahun 2012 yang isinya merupakan panduan mengenai materi apa saja yang akan diujikan pada UN 2013 nanti. Penyusunannya berdasarkan soal-soal ujian Nasional tahun-tahun sebelumnya dan dikembangkan sesuai kurikulum terkini yang tengah diajarkan guru. Kisi-kisi UN 2013 itu sendiri tidak disajikan dalam bentuk butir-butir soal ujian.

Namun pihak Kemendikbud sendiri hanya memiliki kewenangan sebatas penyusunan konsep atau draf kisi-kisi UN 2013, dan selanjutnya adalah kewewenang Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) sebagai badan yang bertanggungjawab dalam pelaksanaan Ujian Nasional. Ketua BSNP menyampaikan bahwa kisi-kisi soal Ujian Nasional (UN) 2013 masih perlu disempurnakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), namun ketua BSNP, Aman Wirakartakusumah menyatakan lebih lanjut bahwa kisi-kisi UN 2013 ditargekan selesai pada minggu kedua atau ketiga bulan novermber 2012 untuk selanjutnya dapat segera disosialisasikan ke sekolah-sekolah.
soal-soal ujian nasional 2013

Tertundanya sosialisasi kisi-kisi UN ini nampaknya terkait erat dengan rencana perubahan pelaksanaan dan variasi soal-soal UN 2013 yang mencapai 20 soal dalam satu ruang ujian, termasuk keinginan pihak kemendikbud agar hasil nilai Ujian Nasional tingat SMA dapat digunakan sebagai syarat masuk perguruan tinggi. Hal ini pula yang akhirnya menuntut keterlibatan pihak Perguruan Tinggi dalam penyusunan dan pelaksanaan UN SMA 2013. Jadi saat ini Kemendikbud bersama Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) masih terus menyempurnakan kisi-kisi soal Ujian Nasional (UN) 2013 (kemungkinan) untuk memenuhi standar Pihak PT yang akan turut berkepentingan langsung atas hasil UN tersebut.  

Namun jangan terlalu khawatir, ujian nasional 2013 SD, SMP dan SMA kemungkinan besar akan tetap sama seperti ujian tahun-tahun sebelumnya. Walaupun secara peraturan dan teori, Uji kompetensi adalah materi yang diajarkan untuk setiap satuan pendidikan ditetapkan oleh Standar Nasional Pendidikan (SNP) dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendinknas) Nomor 22/2006 tentang Standar Isi menetapkan lama belajar untuk SD/MI enam tahun atau dua belas semester, untuk SMP/MTs tiga tahun atau enam semester, dan untuk SMA/MA, SMK/MAK tiga tahun atau enam semsester. Namun seperti tahun-tahun sebelumnya, biasanya Standar Isi ini tidak berlaku, untuk siswa kelas 6, 9 dan 12 diterapkan kebijakan 'Standar khusus'. Kebijakan 'khusus' ini berisi instruksi yang ditujukan kepada setiap satuan pendidikan agar menyelesaikan sajian pembelajaran yang tidak di-UN-kan pada bulan Desember dan mulai bulan Januari sampai dengan jadwal pelak­sanaan UN, yang dipelajari hanyalah mata pelajaran yang di-UN-kan saja.

Berikutnya dalam waktu 3 bulan Januari s.d april 2013 para siswa calon peserta UN dipersiapkan, dibentuk, dan dipaksa untuk belajar mati-matian dengan berbagai jam tambahan belajar, les, latihan bank soal UN dilanjutkan ujian Pra UN. Selanjutnya proses pembelajaran dititikberatkan pada kompetensi yang belum terkuasai oleh siswa berdasarkan hasil analisa pra-UN tersebut. Semua ini dikebut dalam 3 bulan dengan satu tujuan, sukses dan lulus UN 2013. Begitulah, gerakan sukses ujian nasional itu dirancang dan dilaksanakan selama ini, dan biasanya akan memerlukan berbagai biaya 'tambahan' untuk pelaksanaannya. Para orang tua murid pun harus rela menyisihkan sejumlah uang demi program sukses UN. 

Walaupun banyak pihak sangat menantikan sosialisasi kisi-kisi Ujian Nasional 2013, pihak kemendikbud secara tersirat pernah menyampaikan, bahwa kisi-kisi UN 2013 sebenarnya tidak perlu di'tunggu', karena prinsipnya sama dengan kisi-kisi UN tahun tahun sebelumnya. Jadi apakah ini berarti juga sukses UN sama seperti tahun-tahun sebelumnya? Apakah sukses Ujian Nasional 2013 itu cukup dilakukan tiga bulan menjelang ujian nasional? Beginikah yang disebut uji kompetensi pendidikan?

Baca Juga Artikel Terkait Download Gratis

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar