Kamis, 11 Oktober 2012

Ujian Nasional SMA 2013

Kemendikbud menyatakan telah siap dengan 20 variasi contoh soal un SMA yang akan diberikan pada Ujian Nasional SMA 2013. Kumpulan berbagai soal ujian dari tahun-tahun sebelumnya diseleksi sesuai dengan kisi-kisi UN 2013 yang disahkan BSNP (Badan Standardisasi Nasional Pendidikan). Kisi-kisi soal UN SMA ini akan menjadi dasar tim pembuat soal memproduksi bank soal ujian. Dengan adanya kisi-kisi soal UN 2013 para guru SMA dapat memanfaatkan untuk membuat prediksi dan contoh soal ujian yang berguna selama latihan persiapan menghadapi unas nanti.

Kisi-kisi UN SMA 2013 ini memiliki nilai penting karena hasil ujian nasional SMA akan diintegrasikan untuk seleksi masuk calon mahasiswa di perguruan tinggi negeri lewat jalur undangan. Untuk itu proses pengembangan soal melibatkan unsur-unsur dosen dari perguruan tinggi, guru mata pelajaran, anggota BSNP, dan pakar penilaian pendidikan. Hal ini dilakukan untuk mengikuti keinginan pemerintah mengintegrasikan setiap hasil ujian nasional untuk seleksi masuk jenjang pendidikan selanjutanya, sama seperti hasil Ujian SD digunakan untuk pendaftaran SMP dan hasil UN SMP untuk pendaftaran jenjang pendidikan SMA.
Ujian Nasional SMA 2013
Soal UN sma 2013 Lebih Sulit?

Sebenarnya yang dikeluhkan pihak Perguruan Tinggi bukanlah materi soal UN SMA yang mudah atau kurang berkualitas, tetapi selama ini hasil ujian SMA dianggap kurang memiliki kredibilitas, karena diindikasikan adanya kecurangan atau ketidakjujuran dalam pelaksanaannya. Untuk itu pemerintah (Kemdikbud) akan menggunakan 20 paket soal dalam pelaksanaan ujian nasional (UN) tahun 2013. Penggunaan 20 paket soal itu bertujuan untuk menjaga dan meningkatkan kredibilitas hasil UN. Dengan bertambah banyaknya jenis soal UN dalam satu ruang kelas ujian, potensi tindak kecurangan akan semakin sempit.

Yang berubah adalah dilibatkannya kalangan perguruan tinggi untuk pembuatan naskah soal UN, pengawasan UN, dan penilaian UN. Jadi penambahan tingkat kesulitan Ujian Nasional SMA 2013 bukan pada soal-soal UN tersebut tetapi lebih kepada tingkat kesulitan untuk ketidakjujuran dalam pelaksanaan unas. Materi soal ujian nasional jenjang SMA/MA/SMK pada 2013 direncanakan berubah dalam penempatan dan jumlah variasi soal dalam satu ruang ujian, masing-masing siswa akan mengerjakan soal berbeda karena umumnya setiap ruang ujian diisi oleh 20 peserta ujian. Ini merupakan upaya peningkatan kualitas lulusan UN nantinya. 

Jadi para siswa SMA/MA/SMK calon peserta Ujian Nasional Tahun 2013 tidak perlu terlalu kuatir tentang bakal lebih sulitnya soal-soal ujian nanti. Jika dibandingkan dalam pelaksanaan UN tahun 2012, dalam satu ruang ujian akan menerima 5 paket soal yang berbeda untuk menghindari kecurangan, maka 20 variasi soal UN 2013 adalah upaya mewujudkan hasil UN yang jujur yang dapat diterima oleh pihak Perguruan Tinggi. Jadi potensi kecurangan pelaksanaan ujian yang dipersulit, bukan materi soal UN-nya yang semakin sulit.

Justru dengan sitem pelaksanaan ujian yang seperti inilah akan menguntungkan para siswa SMA/MA/SMK. Hasil ujian menjadi syarat masuk perguruan tinggi negeri (PTN) lewat seleksi jalur undangan. Jika hasil ujian nasional 2013 'diterima' oleh pihak Perguruan Tinggi, maka siswa yang berhasil mendapat nilai ujian yang baik akan dapat langsung melanjutkan kejenjang Perguruan Tinggi yang diharapakan tanpa perlu mengikuti berbagai ujian seleksi lagi. Jika masih demikian, apa gunanya Ujian Nasional SMA 2013?

Baca Juga Artikel Terkait Download Gratis

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar