Sabtu, 04 Agustus 2012

UKG 2012 Online

UKG 2012 online sd smp sma smk distop atau dihentikan untuk sementara waktu seperti disampaikan Kepala BPSDMP-PMP Syawal Gultom di Jakarta kemarin (2/8) mewakili Kemdikbud. Pelaksanann UKG online 2012 yang di stop adalah sebagaian besar wilayah hampir Pulau Jawa dan beberapa daerah yang Lainnya. Penghentian tidak berlaku menyeluruh satu kabupaten, kota, atau provinsi. Tetapi hanya melingkupi satuan unit lokasi TUK yang macet saja pada UKG 2012 online di hentikan dan ditunda.

Dihentikannya UKG online Kemdikbud 2012 ini demi kelancaran kegiatan belajar. Jadi agar kegiatan mengajar para guru peserta UKG 2012 tidak terganggu, dengan dikeluarkannya pengumuman ini guru peserta UKG online 2012 tidak perlu hadir di tempat uji kompetensi (TUK) yang bermasalah seperti disampaikan pihak kemdikbud di Jakarta saat mengumumkan UKG Online 2012 di hentikan.

UKG online yang dihentikan atau distop tidak berlaku untuk lokasi pelaksanaan UKG online yang 100 persen UKG-nya berjalan lancar seperti di Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan. Juga UKG yang lancar di beberapa provinsi di pulau Sulawesiatau provinsi yang tingkat kelancaran UKG-nya berkisar 90 persen penghentian UKG online ini tidak berlaku. Jadi untuk TUK yang masih lancar, proses UKG tidak dihentikan tetapi terus sesuai jadwal.

Belum ada data lebih lanjut, mana-mana saja lokasi UKG online yang dihentikan dan ditunda serta mana lokasi yang tidak dihentikan. Mengingat tidak semua lokasi mengalami kemacetan Server saat pelaksanaan UKG online 2012. Sebaliknya daripada memberikan keterangan yang lebih rinci soal lokasi-lokasi UKG yang dihentikan dan mana yang dilanjutkan, pihak Kemdiknas masih 'berusaha' mencari kambing hitam sebagai penyebab kegagalan UKG online 2012 ini. Dengan ungkapan yang berkesan menyalahkan pihak teknisi dan guru peserta UKG online.

Terlepas soal ketidaklancaran pelaksanaan UKG 2012 ini, berkembang berita yang menyudutkan guru terkait soal tidak kurangnya penguasaan komputer dan nilai yang UKG yang rendah. Berikut ini hasil sementara Nilai UKG 2012 untuk untuk guru SMP.
Hasil Nilai UKG Kemdikbud 2012
  • Nilai rata-rata nasional UKG 2012 44,55.
  • Nilai rata rata mata pelajaran Bahasa Indonesia 42,0
  • Nilai rata rata mata pelajaran IPS 44,4
  • Nilai rata rata mata pelajaran IPA 53,7
  • Nilai rata rata mata pelajaran Matematika 52,6
Kabupaten dengan nilai tertinggi adalah Kabupaten Purworejo sementara yang terendah yaitu Kabupaten Bolang Mangondow Timur, Sulawesi Utara. Yogyakarta seperti hasil UKA sebelumnya untuk sementara ini juga memperoleh nilai rata-rata tertinggi UKG 2012.

Sementara dilaporkan oleh sebagian peserta adanya kesalahan software UKG online yang memberikan soal tidak sesuai dengan mata pelajaran yang di ampu oleh guru. Pihak kemdiknas menyatakan pelaksanaan UKG online tahap kedua akan berjalan dengan lancar, tidak akan ada lagi kekacauan data peserta UKG, tertukarnya soal UKG online, dan semua kendala lain yang menyebabkan UKG online ditunda.

uji kompetensi guru

Kepala BPSDMP-PMP Syawal Gultom menyampaikan Uji kompetensi guru di tempat ujian yang bermasalah dan dihentikan akan ditunda ke tahap kedua yang dijalankan mulai 2 Oktober nanti dan dijamin UKG online 2012 tahap 2 ini akan berlangsung dengan Lancar. Seandainya pihak kemdikbud bersedia 'mendengar' saran berbagai pihak yang memprediksi bakal gagalnya UKG secara online tentu maslah ini tidak terjadi. Pihak Kemdikbud juga menginstruksikan seluruh penyelenggara uji kompetensi untuk memberitahukan jadwal ujian gelombang kedua kepada guru peserta. Dengan demikian, para guru tidak perlu datang ke lokasi ujian dan meninggalkan peserta didiknya.

Meskipun berbagai pihak termasuk PGRI mendesak agar pelaksanaan UKG online 2012 dihentikan total, sebenarnya tanpa tekanan berbagai pihak ataupun ngototnya pihak Kemdiknas, faktanya UKG yang masih menyisakan beberapa hari lagi pelaksanaan hingga 12 Agustus 2012 mendatang tetap dihentikan di banyak lokasi karena berbagai masalah yang menyangkut server. Masalahnya akan semakin rancu dan banyak waktu, energi dan dana yang terbuang percuma jika tidak ada kepastian lokasi mana-mana saja yang akan diteruskan atau tidaknya UKG online 2012 ini. Soalnya di beberapa daerah informasi ditundanya UKG online ini belum diketahui secara luas, sehingga banyak guru peserta yang 'kecele' sudah meliburkan siswa tetapi batal mengikuti UKG online yang ditunda tanpa pemberitahuan sebelumnya. Atau mungkin sebaiknya UKG 2012 online dihentikan total hingga Kemdiknas siap, dan software uji kompetensi guru online telah teruji kehandalannya oleh pihak yang berkompeten. 

Mengenai kelanjutan UKG kemdikbud ini, apakah dilanjutkan atau dihentikan dahulu, bagaimana pendapat dan komentar pembaca atau para guru soal UKG 2012 online?

Baca Juga Artikel Terkait Download Gratis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar