Selasa, 21 Agustus 2012

Soal UKG Online Gelombang 2

Kemdikbud menegaskan bahwa uji kompetensi guru (UKG) online gelombang kedua akan tetap dilaksanakan. UKG gelombang 2 akan digelar mulai 2 Oktober bagi guru-guru yang gagal mengikuti UKG online tahap I. Guru-guru peserta UKG online gelombang kedua akan dilakukan validasi dan verifikasi data terlebih dahulu. 

Walaupun penyelenggaraan UKG online di gelombang pertama, banyak menuai kritik bahkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 57 Tahun 2012 tentang Uji Kompetensi Guru (UKG) digugat uji materi di Mahkamah Agung (MA). Tim penggugat UKG berasal dari berbagai elemen koalisi pendidikan seperti FSGI, dan beberapa Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) serta ICW. Salah satu gugatan terhadap UKG guru 2012 ini adalah soal Permendikbud 57/2012 yang dikeluarkan hanya empat hari sebelum UKG Online diselenggarakan. Tim penggugat juga menyampaikan bahwa soal-soal pilihan ganda dalam UKG online tidak akan mungkin bisa dipakai untuk mengukur kompetensi dan kinerja para guru. 

Intinya tim penggugat mendesak agar MA mencabut Permendikbud tersebut sekaligus membatalkan pelaksanaan UKG gelombang kedua, namun Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) mengaku tak mau ambil pusing soal gugatan terhadap Uji Kompetensi Guru (UKG) yang diajukan ke Mahkamah Agung tersebut.

Sebenarnya tidak hanya pelaksanaan UKG Online yang kacau disebabkan persoalan teknis dan buruknya data peserta seperti disampakan Kemdikbus sebelumnya. Soal-soal yang disajikan dalam UKG online juga dinilai tak kalah buruknya karena ditemui kerap melenceng dari subtansi uji kompetensi.

Misalnya soal UKG akuntansi yang rancu karena soal ekonomi dan akuntasi bercampur satu sama lain. Padahal bila sesuai aturan seharusnya soal-soal yang tersedia sesuai dengan kompetensi masing-masing guru. Selain itu tata cara penulisan soal juga tidak baik, ada juga soal tentang grafik dan tabel tetapi grafiknya dan Tabelnya tidak tersedia. Ada soal UKG yang tidak ada pilihan jawabannya dan ada pula soal yang sudah ditanyakan diulangi lagi di soal nomor berikutnya.

Berikut ini contoh soal-soal UKG online 2012 yang ditulis berdasarkan naskah soal aslinya. Kesalahan huruf dan tanda baca merupakan kesalahan yang berasal dari soal UKG tersebut. Soal-soal ini kami peroleh dari harian Kompas yang mengutip soal tersebut dari guru-guru peserta UKG online 2012 yang berasala dari wilayah DKI Jakarta.

Soal UKG Bahasa Indonesia (SMP). Contoh soal bahasa Indonesia yang tidak sesuai dengan EYD:
Budi, Reni, dan Bambang bermaksud rumah pak Ramli, gurunya ..... sepakat berangkat minggu pagi pukul 07.00 agar bisa bertemu dengan pak Ramli. Namun sayang, begitu sampai dirumah pak Ramli, keadaan sepi .... pergi pagi sekali. Begitu tutur tetangga. Sebelum rumah pak Ramli ..... mengatakan bahwa pak ramli berpesan kalau ada tamu harap menunggu karena hanya pergi sebentar.
Kata ganti yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah...
A.kami ; dia ;beliau ; biliau
B.kami : beliau ; beliau ; dia
C.mereka ; beliau ; dia ; beliau
D.mereka ; dia ; belau ; saya

Soal UKG Sosiologi (SMA)
Perkelahian pelajar terus meningkat. Pelajar bersikap seperti preman. Konflik semacam ini harus diselesaikan dengan cara...
a. Konsiliasi
b. Mediasi
c. Arbitrasi
d. Komunikasi

Soal ini menurut para guru tidak jelas arahnya atau terlalu umum karena belum mengarah pada jawaban yang diinginkan penulis soal dan pilihan jawaban pun terlalu terbatas.

Soal UKG Matematika (Guru Kelas SD)
Bu Emi membeli 2 jenis kue masing-masing beratnya 3/4 kg. Kue itu diberikan kepada ery beratnya 5/4 kg dan sisanya dibawa pulang. Kue yang dibawa Bu Emi pulang beratnya ... kg. 
Jawaban 
A.2/4 
B.8/4 
C.04 
D.04 

Lingkaran dengan jari-jari 7 cm berada dalam bangun persegi panjang rusuk 14 m dan 20 cm. Luas persegi panjang di luar lingkaran adalah ... cm2
a. 124
b. 123
c. 125
d. 126

Persegi panjang ada rusuknya? 

Ada hal lain yang menarik soal hasil UKG 2012 ini. Walaupun Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh sudah menegaskan bahwa UKG ini hanya digunakan untuk memetakan kemampuan para guru dan hasil UKG tidak akan mempengaruhi tunjangan profesi untuk para guru, namun di kota Tual, Maluku, guru yang berulang kali tak lulus seleksi uji kompetensi guru (UKG) terancam sanksi. Kepala Dinas Pendidikan Kota Tual, Zainuddin Nuhuyanan, seperti dberitakan salah satu harian terkemuka, mengatakan guru-guru yang tak lulus itu bisa dikenakan sanksi berupa pencabutan dana tunjangan profesi atau dimutasikan menjadi pegawai tata usaha. Bila hasil ujiannya tetap jelek dan tidak lulus seleksi, maka tunjangan mereka dapat ditarik ataupun dipindahkan ke bagian tata usaha, karena soal ujian kompetensi guru ini berasal dari pemerintah pusat dan berlaku sama di seluruh Indonesia.


Verifikasi data peserta UKG Online Gelombang 2
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan tetap melaksanakan UKG online gelombang  2 pada bulan Oktober 2012 yang direncanakan tanggal 1 s.d. 6 Okober. Para Guru peserta UKG online gelombang kedua akan dilakukan validasi dan verifikasi data terlebih dahulu oleh Badan PSDMPK-PMP melalui LPMP dan Dinas Kabupaten/Kota.

Peserta UKG online gelombang kedua diharapkan melakukan pemutakhiran datanya di dinas pendidikan kabupaten/kota setempat. Dengan data-data yang harus di cek kebenarannya adalah sbb:
  • No Peserta Sertifikasi,
  • NUPTK,
  • Mata Pelajaran Yang akan diujikan,
  • jenjang dan
  • TUK (tempat Uji Kompetensi).
Verikfikasi data guru peserta UKG ini sangat penting agar pada saat ukg gelombang 2 dilaksanakan peserta dapat mengikuti ujian dengan soal yang sesuai dengan bidang sertifikasinya. Pemutakhiran data peserta UKG online gelombang kedua di dinas pendidikan kabupaten/kota serentak akan dimulai pada tanggal 15 September – 16 September 2012. Karena pada UKG online gelombang I banyak guru-guru peserta UKG yang harus berpindah-pindah lokasi pelaksanaan UKG online karena dilokasi UKG online yang telah ditentukan data-datanya gagal divalidasi.

Semoga pelaksanaan dan soal-soal UKG online gelombang 2 dapat lebih baik daripada pelaksanaan UKG online 2012 tahap I.

Baca Juga Artikel Terkait Download Gratis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar