Selasa, 10 Juli 2012

Uji Kompetensi Guru (UKG) 2012

Bagi Guru yang telah lulus Sertifikasi sejak tahun 2006 sampai 2012 akan dilakukan uji kelayakan sertifikasi mereka kembali dalam bentuk UKG (Uji Kompetensi Guru). Kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) menjalankan uji kompetensi guru, membuat sebagian guru resah. Mereka menilai kebijakan ini terus berubah-ubah. Mereka siap menggugat Mendikbud di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) jika Uji Kompetensi Guru (UKG) tetap dijalankan mulai 30 Juli 2012 mendatang.
cara Uji Kompetensi Guru (UKG)

Menanggapi berbagai isu dan protes soal Ujian ini Kemendikbud telah menyatakan bahwa UKG juga tidak dikaitkan dengan pengucuran tunjangan profesi pendidik (TPP). Artinya, meskipun seorang guru tidak lulus ujian ini TPP tetap dikucurkan. UKG ini tidak ada kaitannya dengan posisi guru. Jika ada guru yang tidak lulus UKG, dia akan tetap menjadi guru dan juga tetap menerima TPP bagi guru yang berser­tifikat. Tujuan dari ujian ini hanya digunakan sebagai pemetaan kualitas guru bersertifikat yang ada di Indonesia. Hasil UKG bisa menjadi semacam dasar ke­bijakan untuk Kemendikbud mengeluarkan program-program peningkatan kemampuan guru. 

Namun salah satu hal membuat guru keberatan adalah, pelaksanaan teknis UKG ini. Bagi guru yang sudah tersertifikasi tahun 2006 s.d 2011 akan dilakukan Uji Kompetensi Guru (UKG) secara online. UKG akan dilaksanakan pada tanggal 30-31 Juli dan 1-2 Agustus 2012. UKG (Uji Kompetensi Guru) yang akan dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia, dimana bentuk Uji Kompetensi Guru adalah memakai sistem Komputerisasi dan terpusat pada 1 (satu) server. Praktis para rekan guru yang telah mendapatkan sertifikasi harus bisa memahami komputer dan pada saat ujian nantinya setiap peserta diharuskan membawa laptop untuk sarana bagi para peserta dalam melakukan tes Uji Kompetensi Guru. Peserta ujian wajib duduk di depan komputer untuk menjawab soal ujian di sekolah-sekolah yang telah ter-daftar untuk tempat pelaksanaan UKG 2012.

Peserta UKG yang akan dilakukan Uji nantinya setidaknya pemerintah menargetkan ada peta kompetensi dari sekitar 1,3 juta guru. Guru dalam jabatan saat ini tercatat sekitar 2,9 juta orang terdiri dari Pengawas, Guru TK, SD, SMP, SMA dan SMK yang telah lulus Sertifikasi sebelum Tahun 2012 untuk pelaksanaannya pada tanggal 30 Juli 2012 di 3000 lokasi ujian. Untuk pelaksanaan UKG akhir Juli 2012, sementara ditujukan bagi guru Sekolah Menengah Pertama serempak di seluruh Indonesia. Bagaimana tanggapan para rekan guru soal pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG) ini?

Baca Juga Artikel Terkait Download Gratis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar