Rabu, 25 Juli 2012

Soal UKG online

Uji kompetensi guru UKG yang sudah kian mendekat membuat banyak pihak berminat menyediakan bocoran soal-soal ukg online yang pertama kali diselenggaran kemendikbud go id. Dunia online sama nyatanya dengan dunia offline, dimana ada kebutuhan(demand), akan ada pihak yang mulai menyediakan (supply). Hukum supply-demand ini menjadi dasar dari apa yang disebut dengan mekanisme pasar (market mechanism). Di tambah berita dan isu seputar legal tidaknya pelaksanaan uji kompetensi guru oleh pihak kemendiknas, semakin 'mempromosikan' kebutuhan akan bocoran soal UKG online ini.

Kesan 'ngotot' nya pihak kemendikbud dalam menghadapi keluhan, protes guru yang diwakili Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) terkait UKG online yang berujung pada tuntutan hukum, juga kecurigaan Indonesia Corruption Watch (ICW), menciptakan titik-temu dua pihak yang membutuhkan apa yang disebut dengan pasar (market). Sekalipun Uji kompetensi guru online seperti dijelaskan kemendikbud tidak menggugurkan hak guru yang sudak memliki sertifikasi maupun yang belum memiliki sertifikasi guru, siapapun (bukan hanya guru) akan merasa resah menghadapi istilah ujian dan ulangan. Sama seperti ketika para siswa kelas 3 menghadapi ujian nasional (UAN). Disinilah hukum ekonomi bergerak terkait ketersediaan (supply) dan permintaan (demand), membuat banyak pihak baik situs online dan tidak menutup kemungkinan secara offline, pada saatnya nanti dalam pelaksanaan ada banyak pihak mengiming-imingi bocoran soal online UKG.  

Penjelasan kemendikbud bahwa ini hanya bertujuan untuk pemetaan data terkait memperbaiki mutu dan kinerja guru, belumlah membuat 'tenang' para rekan guru calon peserta UKG sehingga menciptakan pergerakan ekonomi yang sangat ditentukan oleh volume supply-demand. Ini ditanggapi oleh dunia maya (online) dengan banyaknya situs yang menyediakan berbagai kata kunci terkait soal-soal pelaksanaan UKG online. Bukanlah tidak mungkin jika pada akhirnya nanti dalam 'market' yang sebenarnya akan ada pihak-pihak tertentu yang memanfaatkan situasi serupa dengan mengklaim memiliki atau mampu menyediakan soal-soal UKG online bahkan dengan imbalan tertentu. Ini benar-benar serupa dengan pelaksanaan Ujian Nasional kelas 3 selama ini. Terkait kebocoran soal Uji Kompetensi Guru, pihak panitia yaitu Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) sendiri mengklaim bahwa informasi yang membujuk guru dengan bocoran soal itu tidak benar, tidak ada soal yang bocor. Tidak ada yang tahu bentuk soal UKG ini seperti apa, karena semua berlangsung secara online. 

Untuk itu, pihak panitia menyarakan agar para guru tidak menanggapi rayuan oknum tertentu, karena soal-soal tersebut tidak betul. Pihak kemendiknas melalui situs resminya http://ukg.kemdikbud.go.id/ telah menyediakan gambaran soal online UKG dalam bentuk kisi-kisi. Silahkan download kisi-kisi soal ukg disini. Kami yakin kalau banyak pihak/guru menolak atau setidaknya mengeluhkan program ujian ulangan ini, bukan karena takut gagal, tapi semata-mata melihatnya tidak bermanfaat bagi guru dan pendidikan di tanah air. Sehingga memunculkan opini bahwa pelaksanaan UKG online ini hanyalah sebagai 'proyek' pihak-pihak tertentu.

uji kompetensi guru kemendiknas
soal persiapan UKG online kemediknas
Terkait persiapan UKG 2012 online ini, kami mendapati beberapa kali akses ke situs online resmi kemndiknas tidak bisa diakses. Proses verifikasi peserta yang belum kunjung selesai di beberapa kabupaten/kota. Maraknya situs-situs yang memanfaatkan kondisi ini dengan klaim menyediakan berbagai soal, prediksi maupun bocoran soal online UKG. Namun kami juga mendapati beberapa situs, walaupun sedikit yang benar-benar secara positif menyediakan sarana simulasi untuk membantu para rekan guru dalam menghadapi tata cara menjawab soal online Uji Kompetensi Guru. Seperti situs yang membahas soal online UKG disini. Situs ini memang bukan bagian dari situs www.kemdiknas.go.id (Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan), namun materi yang diberikan benar-benar mendukung persiapan peserta dalam menjawab soal-soal online uji kompetensi guru dalam bentuk simulasi.

uji kompetensi guru

Bagi kami sendiri, pelaksanaan uji kompetensi guru kemendiknas memunculkan berbagai pertanyaan. Sepertinya hanya guru yang salah sehingga terus diancam dengan ujian ulangan dll. Padahal, akar permasalahan rusaknya dunia pendidikan di Indonesia tidak lepas dari ketidak mampuan pemerintah mengurus guru. Alibi melakukan pendataan dengan berulang-ulang sehingga guru harus mengikuti ujian ini benar-benar merepotkan. Ketidaksiapan di pihak penyelenggara dan peserta jelas terlihat menjelang detik-detik terakhir pelaksanaan UKG online 2012. Kami khawatir justru proses tugas belajar-mengajar menjadi terbengkalai. Bagaimana tanggapan para pembaca soal uji kompetensi guru (UKG) ini?

Baca Juga Artikel Terkait Download Gratis

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar