Selasa, 31 Juli 2012

Soal Terbaru UKG Online

UGK online Madiun dan Kudus batal, UKG online di Salatiga juga batal, demikian halnya UKG di Mataram gagal di laksanakan secara online. Di beberapa lokasi Jakarta soal batalnya UKG online juga terjadi. Laporan kegagalan UKG online terjadi di banyak tempat pelaksanaan lokasi Uji Kompetensi Guru ini. Uji Kompetensi Guru (UKG) yang digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mendapati banyak kendala di berbagai daerah. Masalah jaringan atau koneksi server yang digunakan untuk UKG di beberapa daerah di Indonesia menjadi penyebab utamanya UKG online batal dan gagal dilaksanakan. Kegagalan pelaksanaan UKG online ini sudah terduga dalam prediksi soal UKG online pada tulisan sebelumnya. 

Akibatnya kegagalan server ini pihak Kemdikbud dan Panitia di sejumlah lokasi pelaksanaan jadwal UKG online memutuskan bahwa UKG di beberapa daerah yang mengalami kegagalan itu harus ditunda. Namun soal gagalnya UKG ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menyatakan sudah ditangani oleh tim teknisi. "Yang namanya apapun kalau persoalan teknis bisa saja mucul. Kemarin diuji coba juga tidak apa-apa. Kayak sampeyan ujian gitu loh. Gangguannya bisa dari berbagai macam," tukasnya. 

Namun soal gagalnya server dalam pelaksanaan UKG online bukanlah satu-satunya persoalan yang harus dihadapi.    Beberapa soal lain juga berpotensi menimbulkan masalah, misalnya:
  • Bentuk soal-soal UKG yang rancu. misalnya mata pelajaran IPS, materi ujiannya adalah IPS terpadu yang meliputi IPS sejarah, ekonomi, geografi, dan sosiologi. Padahal beberapa guru SMP mengajarkan materi pelajaran sekaligus bersertifikat satu sub bagian dari mata pelajaran IPS. Hal tersebut mengakibatkan kesulitannya guru menjawab soal yang nyatanya bukan dari bidang studi yang diampu. Fakta ini terjadi ketika satu ruangan di tempat UKG, tidak ada  satupun yang mencapai standar kelulusan nilai 70 sesuai standar yang ditentukan.
  • Penggunaan kalimat soal-soal UKG online. Salah satu contoh soal yang berhasil dicatat oleh seorang peserta adalah:
Fasilitas yang terdapat di internet, kecuali….
a. Blog
b. Milis
c.e-learning
d. web
Ada yang bisa menjawab soal UKG diatas?
  • Peluang bocoran soal UKG online. Dengan adanya penundaan jadwal UKG online di banyak daerah berpotensi bocoran soal UKG online mungin terjadi karena soal yang akan diujikan sudah diujikan di daerah lain. Mungkin ada rekan guru yang sudah berhasil mengikuti UKG online bersedia berbagi soal untuk rekan guru yang lain disini...he he...:)
Jika Kemendikbud menyederhanakan persoalan ini, tentu tidak seimbang dengan sumber daya yang telah dilakukan para rekan guru yang sudah memperisapkan diri dan bersedia mendukukng pelaksanaan UKG Kemendikbud. Karena kegagalan server bukan juga kesalahaan para rekan Teknisi yang ditunjuk. Lihat penyebab Uji Kompetensi Guru (UKG) online sulit dilaksanakan dan berpotensi gagal disini. Karena fakta dilapangan pelaksanaan UKG online gelombang I pukul 07.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB tidak dalam kategori terganggu, server online UKG tidak terkoneksi. Tersendatnya jaringan server OKG online membuat para guru yang mengikuti UKG sulit untuk membuka laman soal-soal UKG online yang akan dikerjakan. Para guru hanya bisa mengisi profil data diri, namun tidak bisa mengakses soal UKG. Sampai waktu yang disediakan habis dan sama sekali tidak dapat mengerjakan soal UKG online, itu bukan lagi gangguan. Bahkan pada gelombang kedua hingga pukul 11.00 WIB yang seharusnya dimulai sejak pukul 10.00 WIB, UKG online juga gagal dilaksanakan.

Hal ini bukan sekedar gangguan menurut para peserta yang sudah mendukung pelaksanaan UKG dengan hadir di lokasi penyelenggaraan UKG online. Beberapa peserta protes karena waktu ujian sudah habis tanpa bisa mengerjakan soal. Mereka pun harus digantikan oleh gelombang kedua yang masuk pada pukul 10.30 WIB hingga 13.00 WIB. Bahkan ada Kepala sekolah merasa turut bertanggung jawab atas kekhawatiran para guru peserta yang gagal dalam pelaksanaan UKG, menolak untuk mengikuti UKG online berikutnya. 

Banyak peserta UKG online juga menerima jadwal dadakan. Namun mereka tetap bersedia mengikuti  jadwal pelaksanaan dengan hadir di lokasi yang ditentukan. Walaupun akhirnya UKG online tidak jadi digelar dan guru-guru tidak bisa mengerjakan soal - soal UKG

Baca Juga Artikel Terkait Download Gratis

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar