Rabu, 11 Juli 2012

Soal-Soal Uji Kompetensi Guru (UKG)

Menanggapai email yang masuk ke 1gratis.blogspot berkenaan soal-soal bocoran UKG yang akan dilaksanakan mulai 30 Juli ini, berikut tanggapan kami. Uji kompetensi bagi guru bersertifikat tetap dilakukan secara bertahap pada akhir Juli hingga September. Sampai saat ini terdata 3.000 lokasi ujian untuk pelksanaan uji kompetensi guru bersertifikat. UKG pertama untuk guru SMP, lalu bergantian untuk guru TK, SD, dan SMA/SMK sampai bulan September. Guru-guru yang mengikuti uji kompetensi(UKG) harus melewati proses  verifikasi.

Soal Uji Kompetensi Guru

Pada prosesnya dalam UKG ini Kemendikbud membuat 189 model bidang studi. 121 diantaranya bidang keahlian di SMK. Setiap model soal UKG dibuat tiga paket, baik yang secara online maupun offline. Uji kompetensi guru ini akan menilai kemampuan pedagogik dan profesional. Namun, data uji kompetensi guru hanya sebagai data awal. Dalam penilaian kinerja guru ada empat kompetensi guru, mulai dari kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial juga dinilai secara berkala. Dan yang akan melakukan penilaian lanjutan tersebut adalah kepala sekolah, guru senior, dan pengawas di sekolah masing-masing.

Ujian ini tidak berujung pada soal lulus atau tidak lulus. Jadi tidak akan ada pengumuman hasil ujian ini. Hasil UKG hanya akan digunakan untuk data kementerian atau pemerintah untuk mengetahui peta kompetensi guru-guru di Indonesia. Namun Kemendikbud tetap menentukan passing grade. Untuk guru yang berada di bawah passing grade akan dilakukan pembinaan lebih lanjut. Guru yang nilai UKG-nya di atas passing grade belum perlu mengikuti pembinaan. Jadi misalnya ada guru yang tidak lulus dalam UKG ini, akan diikutkan semacam pendidikan dan pelatihan (diklat) yang diselenggarakan Kemdikbud (2013) guna meningkatkan kembali kemampuan pedagogik dan profesional guru tersebut. 

Terkait dengan polemik pelaksanaan UKG ini, 1gratis.blogspot tidak ingin memperkeruh suasana dengan menyediakan soal-soal bocoran (yang entah sumbernya darimana?) ataupun prediksi soal-soal online UKG tersebut. Karena seperti di sudah dijelaskan pihak terkait bahwa Uji kompetensi Guru ini tujuannya untuk pemetaan, bukan kelulusan atau berkaitan dengan pembayaran tunjangan profesi guru. Para rekan guru hendaknya terus berkoordinasi dengan LPMP (Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan) di setiap provinsi dan meminta informasi yang akurat dari pegawai dinas pendidikan yang sudah dipercaya. 

Kami 1gratis.blogspot bersimpati dengan kondisi para rekan guru dalam kasus pro-kontra pelaksanaan UKG ini. Sebaliknya daripada membuang waktu dan energi untuk mencari download soal-soal bocoran/soal-soal prediksi UKG yang kami tidak bisa pertanggung-jawabkan isi materinya  karena sejauh ini kemdiknas yang menjadi acuan kami, yang juga sebagai referensi pembuat kebijakan UKG Online belum (lihat update dibawah) juga mengeluarkan rambu-rambu ataupun kisi kisi. Untuk itu maka kami hanya bisa menitip saran agar para rekan guru mempersiapkan 4 materi utama dalam UKG tersebut mulai dari kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial. Buka kembali arsip Kisi-Kisi Uji Kompetensi Akhir (UKA). 

Salam hormat kami untuk para rekan guru dan semoga dapat mengikuti pelaksanan uji kompetensi guru (UKG) bersertifikat dengan baik dan lancar.


Update : Kemendikbud sudah mengeluarkan pedoman tata cara pelaksanaan dan bentuk  soal-jawab aplikasi online uji kompetensi guru.

Baca Juga Artikel Terkait Download Gratis

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar