Selasa, 24 Juli 2012

Cara Soal Jawab Uji Kompetensi Guru

Penggunaan sistem online dalam uji kompetensi guru (UKG) bagi calon peserta UKG guru baik yang memiliki sertifikasi guru maupun yang belum memiliki sertifikasi guru merupakan sebuat terobosan baru yang diterapkan Kemendikbud. Sistem soal UKG online ini dianggap lebih mudah dan praktis dibandingkan sistem lama. Salah satu kelebihan sistem soal online ini memudahkan dalam proses penilaian. Begitu guru selesai menjawab soalnya maka secara otomatis sudah didapatkan hasilnya jawaban soal ujian online UKG. Kemendikbud telah menyediakan panduan dan contoh atau kisi-kisi soal demi memudahkan para guru menghadapi ujian kompetensi guru

Para guru tidak perlu risau akan pelaksanaan tata cara soal online uji kompetensi guru yang dilakukan secara online mulai 30 Juli mendatang. Sosialisasi Uji Kompetensi Guru (UKG) online 2012 terus dilakukan Kemendikbud kepada semua guru sertifikasi agar dapat memahami per-soalan teknis ketika melakukan instalasi aplikasi UKG online, dan menyelesaikan per-soalan ketika terjadi gangguan dan hambatan dalam pelaksanaannya. Berbeda dengan Uji Kompetensi Guru yang diatur dalam Peraturan Pemerintah 74/2008 mengharuskan 4 kompetensi yaitu wawasan, pedagogik, kepribadian, dan sosial diujikan pada uji sertifikasi atau kompetensi guru dan bersifat holistik, namun soal UKG online nanti hanya meliputi 2 kompetensi yaitu pedagogik dan wawasan.
sertifikasi guru
klik gambar untuk memperjelas soal aplikasi online UKG
Materi soal Online uji kompetensi guru sudah diterbitkan kemendikbud dalam kisi-kisi yang dapat di download guru calon peserta UKG. Bentuk soal ujian online UKG dan cara menjawab soal silahkan download disini. Pada pelaksanaannya nanti guru peserta uji kompetensi akan didamping pengawas dan seorang teknisi. TugasTeknisi yang akan menjelaskan dan memberi pengarahan cara mengisi jawaban soal ujian kompetensi online.

Para peserta Uji Kompetensi Guru baik yang memiliki sertifikasi guru maupun yang belum memiliki sertifikasi guru akan memperhatikan Tata Cara Mengikuti Ujian Soal Online dari Kemendikbud sbb:
  1. Peserta  memasuki  ruangan minimal  30  menit  sebelum jadwal  ujian  dengan  menunjukkan  Kartu  Peserta UKG online dan identitas lainnya. 
  2. Peserta  mengisi daftar hadir dan mendengarkan pengarahan dari tim teknis. 
  3. Login pada sistem ujian online sesuai dengan nomor peserta sertifikasi guru dan NUPTK.
  4. Peserta  melakukan  pengisian dan perbaikan  data individu sebagaima data yang tertera pada layar monitor.  
  5. Latihan menggunakan sistem ujian online selama 15 menit 
  6. Mengikuti ujian yang sesungguhnya dengan mengakses soal uji  kompetensi yang disediakan. Setiap peserta harus memastikan bahwa soal ujian mata pelajaran yang disiapkan harus sesuai dengan sertifikat pendidiknya. 
  7. Waktu ujian akan tampil di layar komputer dan mulai menghitung mundur saat soal ujian mulai diakses. 
  8. Menjawab soal ujian dengan cara memilih jawaban benar menggunakan mouse atau memilih jawaban benar dengan menekan keyboard (huruf A atau B atau C atau D). 
  9. Jika terjadi salah pilih jawaban, peserta dapat memperbaiki jawaban  dengan  cara yang  sama pada butir 8 di atas. Mengganti jawaban beberapakali dapat dilakukan dan tidak mengurangi nilai peserta, namun harus dipertimbangkan waktunya. 
  10. Soal akan muncul di layar komputer satu per satu.  
  11. Aplikasi UKG online akan berhenti secara otomatis pada saat waktu ujian telah selesai. 
  12. Skor hasil UKG akan diberikan kepada peserta melalui surat.  
Soal UKG kompetensi dasar bidang studi yang diujikan sesuai dengan bidang studi sertifikasi (bagi guru yang sudah bersertifikat pendidik) dan sesuai dengan kualifikasi akademik guru (bagi guru yang belum bersertifikat pendidik). Aplikasi sistem soal-jawab UKG online ini sudah dibuat semudah mungkin bagi para guru peserta bahakan mudah bagi yang buta soal masalah komputer. Soal online ini dirancang Tim Teknis UKG tidak rumit (user friendly), cukup tekan pilihan jawaban soal online UKG baik itu A, B, C, atau D. Lihat aplikasi cara jawab soal uji kompetensi guru.
hasil-jawaban-soal-ukg

Sistem soal online  UKG Kemdikbud ini memungkinkan pengacakan soal-soal bagi setiap peserta, sehingga soal yang dibuka masing-masing peserta guru akan mendapatkan soalnya berbeda satu dengan lainnya. Kebocoran jawaban-soal sistem online UKG ini sangat kecil. 

Baca Juga Artikel Terkait Download Gratis

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar