Sabtu, 21 Juli 2012

Cara dan Soal Online UKG 2012

Uji kompetensi guru online tahun 2012 adalah yang pertama kali diselenggarakan Kemendikbud yang dilaksanakan secara nasional. UKG ini merupakan pelaksanaan uji  kompetensi guru  yang  kedua  kalinya selama 10  tahun terakhir. Tahun  2004  Kementerian  Pendidikan dan Kebudayaan pernah melakukan  uji  kompetensi guru secara nasional yang dikoordinasikan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Para rekan guru yang mungkin bingung karena ini adalah kali pertama Uji Kompetensi Guru 2012 secara Online kami 1 gratis blogspot akan berbagi sedikit informasi soal tata cara dan juga kisi-kisi soal Uji Kompetensi Guru 2012. 

soal-soal seputar UJi online UKG

Berikut ini adalah gambaran Tata Cara Pelaksanaan Ujian online UKG. Aturan Pelaksanaan UKG Online (sumber Pedoman UKG Tahun 2012)
  1. Setiap ruangan  ujian  online diisi minimal 20 orang  peserta atau disesuaikan dengan jumlah komputer yang tersedia. 
  2. Ujian  dilakukan  serentak dan  setiap hari maksimal  ada 3 gelombang  ujian dalam 1 ruangan  yang  sama,  jumlahgelombang  bergantung  kepada jumlah peserta dan jumlah TUK. 
  3. Waktu yang  disediakan setiap gelombang  ujian  adalah  150 menit  dengan  rincian  30  menit  untuk registrasi dan latihan menggunakan sistem ujian  online yang  dipandu  oleh tim teknis, dan 120  menit  untuk ujian  kompetensi yang sesungguhnya. 
  4. Diantara setiap gelombang  diberikan  waktu istirahat  selama 30 menit. 
  5. Tim teknis mengarahkan dan membantu peserta dalam menggunakan sistem ujian  online pada  30  menit  pertama saat peserta dalam ruangan ujian. Setiap peserta ujian  tidak diperkenankan membawa buku atau  referensi, kamera, handphone, alat  penyimpan data (flash disk, external hardisk, dan lain-lain) ke dalam ruangan ujian. 
  6. Setiap peserta wajib mengikuti ujian  sendiri dan  tidak diperkenankan  mewakilkan  kepada orang  lain.
  7. Jika ada peserta yang  mewakilkan  kepada orang  lain  dengan  alasan apapun, maka  haknya  sebagai  peserta  uji  kompetensi dinyatakan gugur.  
  8. Tim  teknik mempersiapkan  laboratorium komputer  (client-server)  sudah ON, maksimal  30  menit  sebelum  jadwal pelaksanaan ujian.
Pelaksanaan UKG itu sendiri dibagi dalam 2-3 gelombang sesuai jumlah peserta setiap harinya dengan pembagian waktu sebagai berikut. lihat gambar dibawah.

soal UKG online

Uji kompetensi guru untuk soal-soal dalam bentuk online tidak diterapkan di semua lokasi penyelanggaraan UKG. Sistem ujian online dilaksanakan pada daerah yang terjangkau jaringan internet dan memiliki  laboratorium komputer yang  terhubung  dalam  jaringan intranet. Jadi soal-soal UKG menggunakan dua sistem yaitu paper-pencil-test dan sistem ujian online. Sistem paper-pencil-test  dilaksanakan pada  daerah  yang  tidak terjangkau  jaringan  internet  dan  tidak memiliki laboratorium  komputer  yang  terhubung  dalam  jaringan intranet.

Waktu dan Materi Soal UKG
Komposisi instrumen tes adalah 30% kompetensi pedagogik dan 70% kompetensi profesional dengan  waktu pengerjaan soal  ujian adalah 120 menit dan jumlah soal maksimal 100 butir soal. Kecuali guru Tuna Netra waktu yang diberikan 180 menit.

Materi Soal UKG Kompetensi Pedagogik  
  • Standar  kompetensi  pedagogik  sesuai  dengan  Permendiknas sebagai berikut:  
  • Mengenal karakteristik dan potensi peserta didik 
  • Menguasasi teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang efektif 
  • Merencanakan dan mengembangkan kurikulum 
  • Melaksanakan pembelajaran yang efektif 
  • Menilai dan mengevaluasi pembelajaran 
Kompetensi yang  diujikan adalah konsistensi penguasaan pedagogik antara content dengan performance, yaitu bukan sekedar penguasaan guru tentang pengenalan peserta didik, model belajar, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tes yang mampu memprediksi bagaimana guru mengintegrasikan kelimanya dalam pelaksanaan pembelajaran.

Materi soal Kompetensi Profesional 
  1. Penguasaan materi, struktur, konsep dan pola  pikir  keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.  
  2. Mengembangkan keprofesian melalui tindakan reflektif 
  3. Konsistensi penguasaan materi guru  antara content  dengan performance:
  • Teks, konteks, & realitas 
  • Fakta, prinsip, konsep dan prosedur 
  • Ketuntasan  tentang  penguasaan filosofi, asal-usul, dan aplikasi ilmu
Uji kompetensi awal terdiri atas kisi-kisi dan butir soal. Untuk itu jangan lupa download kisi kisi UKG yang ada di 1gratis.blogspot ini ya.

Soal UKG telah dikembangkan oleh Tim Ahli dengan bentuk soal obyektif tes jenis pilihan ganda dengan 4 opsi pilihan jawaban. Soal-soal online UKG dibuat dalam bentuk digital dan telah melalui proses enkripsi. Enkripsi adalah proses mengamankan data sensitif lebih dari sekedar penggunaan password agar dan tidak bisa diakses oleh pihak yang tak diizinkan. Jadi soal -soal ini hanya dapat dibuka dan diakses oleh software sistem UKG online.

Baca Juga Artikel Terkait Download Gratis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar