Selasa, 17 Juli 2012

Buku Sekolah Murah

Buku sekolah BSE adalah program buku sekolah murah dari Depdiknas yang terdiri dari buku pelajaran sekolah SD, SMP dan SMA yang bermutu dan bisa didapat dengan download  gratis. Namun praktik jual beli buku di sekolah sudah bukan rahasia lagi dan tak dapat dihindari. Kendati demikian, adanya unsur paksaaan dalam upaya pengadaan buku tersebut tetap tidak dibenarkan. Apakah karena keuntungan yang menggiurkan membuat sekolah merangkap profesi sebagai “sales” buku sekolah? 

Harga buku pelajaran yang sangat mahal membuat persoalan baru yang menambah image bahwa sekolah itu mahal. Informasi yang saya dapatkan dengan memasarkan buku-buku pelajaran sekolah ini bisa mendapatkan komisi antara 30% sampai 50% . Karena khawatir menimbulkan hubungan yang kurang baik antara guru dengan anaknya, banyak Orang tua murid biasanya lebih memilih (terpaksa) membeli buku di sekolah yang dijual oleh guru-guru kelas atau guru-guru sekolah, sekalipun murid yang bersangkutan bisa membelinya di toko buku. Kadang-kadang meskipun ada keleluasaan untuk membelinya di toko buku, orangtua tidaklah memiliki kewenangan dalam menentukan sendiri jenis buku yang akan digunakan sekolah. Dan murid tentu tidak mau menggunakan buku yang berbeda dengan guru. Akhirnya mau tidak mau pembelian buku dari sekolah menjadi hal wajib. Program buku pelajaran sekolah gratis (BSE) diadakan untuk menanggapi keluhan masyarakat tentang mahalnya harga buku pelajaran. 

Ada sejumlah faktor yang membuat buku pelajaran menjadi masalah. Banyak buku sekolah SD, SMP dan SMA terbagi menjadi 2 semester. Jadi setiap semester harus membeli buku lagi. (2 kali setahun). Buku pelajaran yang dibeli murid bukan hanya satu. Satu mata pelajaran umumnya menggunakan dua atau tiga jenis buku. Buku pelajaran pokok, buku penunjang pelajaran dan buku pendamping. Belum lagi ada lembar kerjasiswa (LKS) dll. Semuanya buku-buku sekolah ini tentu butuh biaya yang tidak murah yang tentu sangat membebani orang tua murid. 

Menyangkut 'kewajiban membeli' dan mahalnya buku sekolah, diperlukan adanya intervensi dari pemerintah. Dalam hal ini pemerintah sudah menyediakan buku-buku BSE yang merupakan perwujudan usaha pemerintah dalam memajukan dunia pendidikan Indonesia. Buku BSE tidak bersifat komersial dengan harga yang jauh lebih murah dan terjangkau. Para penyelenggara negara atau pemerintah perlu lebih memerhatikan akses dan pemerataan pendidikan. Perlu kebijakan otonomi sekolah yang jelas agar sekolah tidak sewenang-wenang menarik pungutan pada setiap tahun ajaran baru. Adanya standarisasi pungutan sekolah dan mekanisme pelaporan kinerja sekolah kepada publik. Perlu batasan misalnya menentukan harga dan buku-buku mana yang akan digunakan sekolah. Sementara buku penunjang  diserahkan kepada mekanisme pasar, atau memanfaatkan buku BSE dengan mengajak para siswa untuk berbagi file BSE satu sama lain, sehingga dapat memperolehnya secara lebih murah, seraya mempertimbangan murud-murid yang kurang mampu. Intervensi ini diikuti dengan pemberian rambu-rambu pada sekolah agar tidak memaksa murid membeli buku.

Komite Sekolah dan dewan Sekolah SD, SMP dan SMA bukanlah tukang stempel dari kebijakan pengelola sekolah. Ini adalah jalur aspirasi para orang tua murid, maka perlu peningkatan independensi Komite Sekolah/Dewan Sekolah. Komite Sekolah atau Dewan Sekolah perlu difungsikan lebih baik agar aspirasi orang tua murid dapat tersalur dengan baik.

download gratis buku
Meningkatkan dukungan pada program buku sekolah murah BSE, misalnya dengan memberikan kesempatan kepada para siswa untuk menggunkan berbagai buku pendamping tambahan secara lebih bebas dengan buku pelajaran BSE ini. Program Depdiknas ini bertujuan menyediakan buku-buku sekolah yang telah terstandardisasi yang bisa di-download langsung dari situs BSE secara gratis. Depdiknas telah membeli hak cipta buku BSE SD, SMP dan buku BSE SMA dari penerbit dan menyediakannya untuk umum, dan bebas difotokopi, dicetak, dan dijual sesuai harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan. (Bagi Anda yang kesulitan cara download BSE dari stus resminya, dapat download buku pelajaran sekolah di 1 gratis.blogspot ini dengan cara dawnload yang mudah.)

Sekolah perlu bersikap etis dengan memberi toleransi yang tinggi terhadap keluarga yang kurang mampu. Misalnya ada orang tua murid yang tidak dapat membeli buku yang disediakan sekolah atau tidak sepenuhnya memenuhi pungutan sekolah karena benar-enar tidak mampu, sekolah tidak boleh berperilaku diskriminatif atau kurang adil terhadap anak-anak dari keluarga yang kurang mampu itu. Inilah tanggung jawab moral-etis sekolah. Masalahnya bukan soal mereka mau atau tidak mau mengikuti aturan sekolah. Perlu diingat kembali bahwa warga miskin juga berhak sekolah di negeri ini, dan diperlakukan adil di sekolah dengan bersedia membantu mereka sejauh itu dimungkinkan.

Memaksimalkan keberadaan perpustakaan di sekolah untuk pengadaan buku pelajaran sekolah perlu lebih diupayakan untuk menekan pengeluaran biaya agar buku sekolah murah. Dalam laporan (ICW) beberapa tahun lalu, pada sekolah SD dari delapan biaya langsung yang memberatkan orang tua murid, buku pelajaran menempati urutan ketiga. Sikap asertif orang tua murid, dan keterbukaan sarana informasi saat ini menuntut kreativitas pihak sekolah dalam menjalankan peran pendidik diperlukan, bukannya memanfaatkan siswa untuk mencari keuntungan dengan alasan pengadaan buku. 

Untunglah di beberapa sekolah SD, SMP dan SMA.(termasuk sekolah anak saya kelas 4 SD) membuat beberapa pengaturan yang mirip pada saat saya masih SD dulu. Buku-buku pelajaran sekolah pokok dipinjam dari perpustakaan sekolah pada setiap tahun ajaran baru. Siswa berhak menggunakan buku pelajaran tersebut dan bertanggungjawab untuk merawatnya. Jadi pada liburan semester kemarin kami bersama-sama memperbaiki buku-buku pelajaran yang dipinjam, mengganti sampulnya. Jika kondisi buku sudah tidak layak, kami harus menggantinya dengan buku serupa atau mengganti sesuai harga terbaru dari buku pelajaran tersebut.  Anak saya yang ke lebih kecil juga dapat memnfaatkan buku BSE yang pernah saya download untuk kakaknya sebagai buku pendamping, hal ini membuat kami merasa buku sekolah itu murah.
cara buku sekolah murah BSE


Buku BSE boleh di sebarluaskan secara bebas bahkan gratis dan mudah cara downloadnya. Para siswa dapat bertukar file buku BSE dengan menggunakan Flash disk untuk dijadikan referensi belajar. Di dalam buku-buku BSE juga tersedia latihan soal-soal ulangan semester/ujian. Ini dapat menjadi referensi yang baik bagi para guru pendidik dalam menyusun soal-soal tujuan ataupun ulangan semester. Program BSE dalam sudut jangka panjang, dirancang, dibuat, dan disediakan sebagai buku sekolah murah.

Baca Juga Artikel Terkait Download Gratis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar