Minggu, 03 Juni 2012

Soal-Soal Ulangan semesteran dan Ujian Nasioanal SD, SMP, SMA/MA SMK

PP. Nomor 19 tahun 2005 menyebutkan bahwa penilaian hasil belajar oleh pendidik terdiri atas ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, dan ulangan kenaikan kelas. Ulangan kenaikan kelas adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik di akhir semester genap untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester genap. Ulangan kenaikan kelas meliputi seluruh indikator yang  pada semester tersebut. Ulangan kenaikan kelas dapat berbentuk tes tertulis, lisan, praktik dan tugas. Pelaksanaan Ujian Nasional dan Ulangan Semester 2 di berbagai wilayah di Indonesia diwarnai dengan berbagai peristiwa menarik sehubungan dengan soal dan jawaban ulangan yang digunakan.

Sementara pelaksanaan Ujian Nasional dan ulangan akhir semester tahun pelajaran 2011/2012 di berbagai SD, SMP, SMA/MA dan SMK tampak berlangsung lancar. Namun ada berita-berita yang menarik soal UN dan Ulangan semester tahun 2012 ini. Misalnya tanggapan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora)  soal temuan naskah soal ulangan semester tingkat SD/MI se-Karanganyar yang hanya copy paste alias disalin tanpa dirubah dari soal tahun 2008/2009 karena alasan anggaran penyusunan naskah soal yang terbatas. Ini disebabkan tidak ada alokasi anggaran dalam penyusunan naskah soal-soal ulangan akhir semester. Disdikpora tidak mempersoalkan kesamaan soal itu. Menurut Kasi Sekolah Dasar (SD) Disdikpora, kasus naskah soal sama adalah hal biasa, akan menjadi masalah jika naskah soal ulangan tersebut bocor. Untuk naskah ulangan semester disusun oleh guru di masing-masing sekolah. Sehingga soal ulangan akhir semester di siapkan masing-masing sekolah. Alokasi anggarannya pun ada di sekolah tersebut. Tidak ada alokasi khusus anggaran dari pos APBD untuk pembuatan naskah soal ulangan akhir semester .

Juga laporan Indonesia Corruption Watch (ICW) soal sistem keamanan UN tidak bisa diandalkan. Ini terkait dugaan terjadinya kebocoran jawaban soal UN mata pelajaran Bahasa Inggris, IPA dan Matematika di Tangerang. Sampai-sampai ICW  meminta lembar jawaban Ujian Nasional tingkat SMP 2012 kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk mencocokkannya dengan lembar jawaban yang diterima dari sejumlah guru dari Tangerang yang melaporkan terjadinya kebocoran soal UN di sekolah mereka.

Seiring perkembangan zaman era Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), berita bocoran soal-soal ujian dan ulangan juga meluas melaluli fasilitas HP sms. Baik Ulangan akhir semester hingga Ujian Nasional setiap tahun diwarnai dengan hal-hal serupa. Termasuk keterlibatan Polisi mengawasi yang justru membuat siswa peserta ujian menjadi grogi. Dan masih banyak berita serupa soal UN dan Ulangan kenaikan kelas di berbagai sekolah.

Kami (penulis) tidak tahu, akan kemanakah arah pendidikan di negeri kita ini jika terus mengamati berita soal pelaksanaan ujian nasional dan ulangan semester, mulai bocoran soal SD, SMP, SMA/MA SMK hingga masalah tidak kreatifnya para guru dalam menyusun soal-soal ulangan dengan alasan keterbatasan dana seperti di sebutkan diatas.

Namun kami yakin, masih banyak para siswa yang jujur dengan melakukan berbagai persiapan dalam menghadapi Ujuan Nasional maupun Ulangan Semesteran. Banyak dari para siswa tersebut bersedia repot-repot mencari bahan latihan soal-soal ujian dan soal semesteran untuk di download dan melatih kemampuan persiapan mereka dalam menghadapi ujian/ulangan. Kami juga yakin, masih banyak rekan guru yang selalu mempersiapkan diri untuk yang terbaik bagi para muridnya, tahun demi tahun. Kami hanya ingin membantu para siswa untuk menghadapi Ujian Nasional dan ulangan semesteran dengan menyediakan kumpulan soal untuk di download secara gratis dan mendukung para rekan guru pengajar berbagai mata pelajaran, dengan menyediakan contoh Silabus RPP berkarakter agar dapat menjadi pola untuk disesuaikan dengan kondisi sekolah masing-masing.

Semoga bermanfaat, dan kami hanya ingin mengatakan kepada para siswa SD, SMP, SMA/MA SMK dan rekan guru : Terimakasih kalian sudah berkunjung 1gratis.blogspot  :)

Baca Juga Artikel Terkait Download Gratis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar