Jumat, 06 April 2012

Tips Internet Download Cepat

Untuk men-download gratis soal ujian nasional (UAN) SD-SMP-SMU, koneksi internet yang baik sangat dibutuhkan. Tentu pengalaman yang tidak menyenangkan saat downbload tiba-tiba koneksi internet terputus atau kecepatan download-nya memprihatinkan alias lelet. Pada kesempatan ini saya akan berikan panduan singkat Tips Internet agar download internet cepat. Sebenarnya ada beberapa parameter yang akan  menentukan seberapa baik kecepatan dan kestabilan download internet kita sehingga berhasil dan sukses untuk mendownload gratis soal-soal latihan test/UAN baik melalui layanan download 4shared, ziddhu maupun download mediafire.

Beberapa parameter tersebut adalah sbb :

1. Jenis Modem
Modem yang beredar dipasaran ada banyak macamnya. Yang paling banyak digunakan adalah jenis modem USB. 
1.a. Modem CDMA yaitu modem yang menggunakan frekuensi CDMA 800 MHz atau CDMA 1x. Dan yang terbaru di frekuensi 1900mhz untuk teknolgi EVDO Rev-A dan EVDO Rev-B. Pengguna layanan Operator internet Smart, AHA, Flexi, dan intenet data esia menggunakan jenis modem ini. Menggunakan Modem jenis EVDO Rev B lebih cepat daripada internet-an dengan modem EVDO Rev-A dan Modem jenis EVDO Rev A lebih cepat untuk download daripada jenis modem internet CDMA 1x..

1.b. Ada lagi USB Modem GSM dengan kecepatan download yang berbeda-beda mulai dari GPRS, EDGE, 3G, HSDPA hingga HSUPA. Pengguna layanan data operator internet GSM seperti Telkomsel, XL, Indosat, Three dan AXIS menggunakan jenis modem ini. Untuk GSM Modem jenis HSUPA memiliki kecepatan download yang terbaik. Secara teori modem HSUPA mampu download hingga 7.2 Mbps.

1.c. Satu lagi Modem teknologi ADSL (Asymetric Digital Subscribe Line) yang biasa digunakan oleh pelanggan SPEEDY dari TELKOM.

2. Jangkauan Sinyal ISP

Pastikan untuk penguna layanan CDMA yang sudah atau akan membeli modem EVDO Rev-A dan EVDO Rev-B berada dalam jangkauan sinyal frekuensi  1900mhz. Percuma memiliki modem dengan teknologi internet tercepat EVDO, tetapi lokasinya tidak terjangkau sinyal EVDO bukan?
Demikian halnya pengguna modem GSM : 3G, HSDPA hingga HSUPA harus memastikan lokasinya terjangkau oleh sinyal data internet HSDPA atau HSUPA untuk mendapatkan kecepatan internet download tercepat. Di modem sudah ada lampu indicator led yang menunjukan jenis sinyal yang terdeteksi:

Lampu LED modem warna hijau = sinyal GPRS-EDGE terdeteksi
Lampu LED modem warna Biru Tua = sinyal 3G terdeteksi
Lampu LED modem warna Biru Terang (cenderung Putih) = sinyal HSDPA-HSUPA terdeteksi.

Pada umumnya hampir semua operator Internet (ISP) sudah menyediakan sinyal dengan kecepatan internet data terbaik di hampir seluruh Ibukota propinsi di Indonesia. Untuk daerah Kabupaten sebaiknya menghubungi terlebih dahulu customer service ISP terdekat. Dari pengalaman saya, jangan hanya bertanya pada pihak penjual modem, kadang mereka tidak bisa memberikan informasi yang akurat.

3. Jenis Paket Internet

Ada berbagai jenis paket Internet data yang di sediakan oleh pihak operator. Mulai paket Internet harian, bulanan hingga tahunan, dan paket internet termurah hingga termahal. Baca dengan seksama kelebihan dan kekurangan masing-masing paket Internet yang ditawarkan.
Pada umumnya semakin tinggi layanan kecepatan download internet yang dijanjikan akan membuat harga Paket  tersebut semakin mahal. Sesuaikan paket Internet yang di pilih dengan modem yang kita miliki serta lokasi jangkauan sinyal yang tersedia. Jangan sampai kita membeli modem CDMA EVDO beserta paket internet broadband yang mahal, padahal lokasi daerah kita hanya terjangkau sinyal CDMA 1x. Kan rugi…J
Atau terburu-buru membeli modem atau satu paket internet karena terpukau dengan iklan di TV tentang download yang super cepat dari operator tertentu tanpa memperhatikan ke 3 parameter diatas (Jenis Modem- Jangkauan Sinyal ISP- Jenis Paket Internet). Karena salah satu dari ke 3 parameter tersebut tidak terpenuhi, tidak soal kita menggunakan internet Telkomsel, XL, AXIS, IM3, Smart atau Flexi, maka download internet cepat tidak akan tercapai, sekalipun kita sudah membayar mahal.

Saya akan membahas lebih lanjut masing-masing parameter tersebut diatas pada kesempatan berikutnya. Juga tips internet  lainnya agar kita dapat ber-internet dan download gratis soal ujian (UAN) untuk SD, SMP dan SMA dengan cepat dan stabil.

Baca Juga Artikel Terkait Download Gratis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar